Sabtu, 16 April 2011

Soal UTS Sains, Teknologi & Masyarakat

OMG.....!!! UTS yang sudah kita kumpulkan kemarin diganti soalnya, dan harus dikumpulkan Rabu 20 April 2011
sabaaar,,,pasti mudah, pasti bisa!


JAWABLAH SEMUA PERSOALAN BERIKUT INI.
I. Manusia merupakan makhluk hidup yang lahir paling muda di permukaan bumi, sekitar dua juta tahun yang lampau. Namun demikian, membawa perubahan yang signifikan dalam kehidupan seperti yang kita alami dewasa ini. Atas dasar kenyataan tersebut, dipersilahkan Anda membahas persoalan di bawah ini :
  1. Aspek-aspek apakah yang menyebabkan perkembangan hidup dan kehidupan yang sangat berbeda antara manusia dengan makhluk hidup non manusia yang kita alami.
  2. Bagaimanakah Anda menjelaskan keterkaitan antara sains dan teknologi (IPTEK) dengan masyarakat manusia? Mohon dianalisis.
II. Ada kelompok manusia yang berasumsi bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan “tulang punggung pembangunan”. Atas dasar asumsi tersebut, Anda dipersilahkan membahas persoalan-persoalan di bawah ini :
  1. Dilematikan penerapan IPTEK dalam kehidupan manusia dewasa ini ditinjau dari sudut pandang ekonomi dan ekologi.
  2. Fungsi dan peranan IPTEK bagi bangsa-negara Indonesia yang agraris pada Era Informasi dewasa ini.
III. Kehidupan ke depan makin dihadapkan kepada tantangan (the future wars). Oleh karena itu, pada pembelajaran Sains- Teknologi- Masyarakat, dituntut pengembangan konsep “kreatif-konstruktif-produktif”). Atas dasar tuntutan tersebut, anda dipersilahkan menyusun model pembelajaran STM sesuai dengan tuntutan kemajuan jaman.
  1. Penerapan dan pengembangan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah (problem solving) pada pendidikan lingkungan hidup (PLH).
  2. Tuntutan dan persyaratan –persyaratan yang harus dipenuhi dalam rangka pengembangan “indutri kreatif” pada pembelajaran STM ditingkat sekolah (SD, SMP, SMA). Pilih salah satu jenjang sekolah.
IV. Guru, khususnya guru yang bertugas mengembangkan pembelajaran STM, dituntut kompetensi professional dibidang ini. Atas dasar tuntutan tersebut, cobalah anda bahas persoalan-persoalan berikut ini :
  1. Hakikat pembelajaran STM di sekolah.
  2. Kedudukan dan tugas guru pada pengembangan pembelajaran STM di sekolah.
 CATATAN penyerahan tugas makalah kelompok yang dipresentasikan, dan laporan buku (laporan bacaan) yang relevan dengan perkuliahan ini pada akhir perkuliahan nanti.

Tidak ada komentar: