Sabtu, 03 Januari 2009

Kenapa Anda Tidak Bisa Kaya dengan Bisnis MLM



... MLM ...

ada yang masih belum tahu kepanjangan dari Multi Level Marketing atau bagamaina skemanya berjalan (menurutku skema MLM hampir mirip skema Ponzi-kalau tidak tahu skema ponzi coba ikuti gerak langkah "skandal madoff" di majalah minggu ini)?

sejak SMP MLM yang pertamakali kukenal adalah Amway, ckckck luarbiasa banget temenku yang masih culun dengan berbusa-busa berorasi mencoba merubah mindset dan berprovokasi bagaimana caranya daku mau menjadi downlinenya..namun semua itu pupus ketika ibuku bilang "tidak usah nak, mending kamu ikut jual sendok dan gelas sama nenekmu di beringharjo sana"

..mak clakep
(dulu kuanggap penolakan itu adalah salah satu kefeodalan ekonomi orangtua yang bikin anaknya tidak bisa punya mercy saat SMA)

tapi tadi malem saat diskusi dengan seorang teman yang berliur-liur bicara bagaimana rencana dan tertariknya dia saat dipresentasi oleh anak Tianzhi kumenemukan suatu hipotesis (kesimpulan pendahuluan namun belum diuji dengan penelitian) yang menarik...

fakta MLM tidak akan membuat anda kaya karena

Hipotesis 1
Tidak pernah ada perusahaan MLM yang hidupnya lebih dari 100 tahun

bayangkan Amway yang digadang-gadang adalah bisnis besar dari dunia jahiliyah Amerika saja akhirnya bertransformasi menjadi network 21. analisaku sih emang ada orang yang mau berbagi keuntungan terus menerus dengan orang yang tidak memberikan kotribusi, kalu bisa "tidak" kenapa "dilakukan"?!?.
Coba ingat-ingat, saat presentasi biasanya si agen akan mengiming-imingi kita apabila sudah memiliki downline dan jumlahnya banyak, satu hal yang kita lakukan adalah "ongkang-ongkang kaki dan uang akan datang sendiri". Oke ini mungkin bekerja untuk beberapa saat, namun kalau sampai tahunan apakah anda yakin? jelas si perusahaan yang emoh, bisa kolaps usahanya kalau harus bagi laba untuk beribu-ribu orang yang ongkang-ongkang tersebut..maka bisanya "mereka" bertransformasi dan yang jamak dilakukan adalah merubah bentuk usaha atau nama perusahaan sehingga semua orang mulai dari "nol" lagi. sepertinya oriflame juga sudah mulai tidak terdengar..sudahkan berganti nama?


Hipotesis 2
MLM hanya bisnis untuk orang tertentu

dari 1000 orang yang menjadi anggota MLM hanya 1-2 orang saja yang sukses. Mereka menyatakan bahwa memang butuh kerja keras, tapi dari semua bisnis entah jualan bakpia, getuk, handphone, atau laptop sekalipun dari 100 orang yang terjun dalam bisnis ini pasti lebih dari 50% yang sukses.
Jika kita datang kepresentasi MLM pasti intinya hanya full motivasi program dan jualan impian. dan mereka yang sukses betul-betul paham bahwa mimpi inilah jualannya sehingga dengan berbusa-busa mencoba memancing sifat "rakus" calon downlinenya. Bagaimana tidak terpancing sifat "rakus" kita, jika nanti terwujud mimpi kita untuk bisa duduk manis uang mengalir terus, punya mobil sekejap dan hidup sehat dengan mengkonsumsi pasta gigi yang harganya 10x harga supermarket.ini jelas tidak sehat, hukum alam bicara hanya seorang pekerja keras yang bisa sukses mau penemu lampu sampai seorang jenderal pitik macam kentucky temennya ayam..semua dengan kerja keras tapi MLM memutar balik logika sehingga yang terlihat "cukup bodohi 10 orang tiap hari dan..cling..anda tidak masuk penjara tapi tetep kaya". Jika anda masih percaya dogma ini perhatikan mereka yang "katanya" sukses karena bisnis ini..yakin akan anda temukan bahwa mereka "kaya" karena presentasi kesana kemari dan tetep bernafsu menambah downline dan sempatkah beliau ongkang-ongkang kaki seperti yang diceritakan?

Hipotesis 3
MLM hanya arisan berantai atau piramid bisnis

Agar Anda lebih memahami tentang bagaimana MLM menggunakan faktor kali yang katanya mampu membuat anda jadi kaya, silahkan baca di http://faktorkali.com/bisnis
perhatikan hitungan dalam web tersebut, logiskan!tapi dimana di sisi dunia ini yang terwujud sangat logis..adakah, kalau kamu bilang ada maka tidak perlu repot-repot wudhu terus sholat karena keberadaan Allah SWT itu Qiyamnu binafsihi dan ini jelas-jelas bukan bagian dari logika manusia.
intinya apapun yang tertulis disitu adalah logika si penulis yang bermaksud memprovokasi anda untuk mengikuti kepentingannya sehingga "terwujud mimpinya" bukan mimpi anda. Ingat tidak ada yang kaya dengan cara mudah dan secara ekonomis orang jual sesuatu diatas harga keekonomisannya (diatas harga pasar) pasti pada suatu hari akan ketemu titik jenuh sehingga hilanglah kemampuannya untuk dihargai diatas harga keekonomisannya. Bayangkan jika saat ini anda begitu nafsu memiliki sebuah mobil sport merk Jaguar yang dihargai Rp 1 Milyar namun 3 bulan kemudian anda berniat menjualnya..yakin deh harganya pasti turun 25-50% mau tahu kenapa? Karena harga second itulah harga yang paling logis dari kendaraan tersebut, bukan di harga awal yang penuh dengan gengsi dan ketidak jelas.

Hipotesis 4
MLM hanya menjual produk yang "tidak ada bedanya dengan produk yang lain" namun cara menjualnya saja yang berbeda


Hipotesis 5
MLM tidak membuat anda hebat cuma terlihat menonjol

Hipotesis 6
Tidak ada yang seorang bapak yang menyuruh anaknya sekolah tinggi-tinggi kemudian langsung bekerja menjadi downline MLMnya!

Ibuku saja menyuruhku sekolah tinggi-tinggi kemudian memerintahkan kalau bisa mengikuti jejak almarhum ayah menjadi dosen, namun di dunia MLM ini belum pernah kulihat. Tidak ada yang aneh, namun mereka yang total terjun ke dunia MLM jelas mengetahui bahwa MLM tidak ada masa depannya.

Hipotesis 7
MLM bisnis "hit & run"


Hipotesis 8
bukan anda yang kaya dengan MLM melainkan pemilik ide MLM itu


selalu saja bualan agen MLM selalu seperti ini...
"MLM hanyalah salah satu dari cara yang diterapkan dalam penjualan kok. Tidak mungkin rugi bergabung dalam MLM. Yang kita beli tetaplah produk/jasa dan ketika masuk sudah impas. namun hati-hati lhoo adausaha yang berkedok MLM saja padahal sesungguhnya arisan berantai (hwalah, padahal yo tidak jauh beda).
Wajar saja kalau yang membernya banyak dapat penghasilan banyak, karena bisnis memang tentang faktor kali, siapa yang anggotanya banyak akan lebih banyak dapat hasil, berlaku di setiap bisnis. Coba perhatikan di bisnis pasta gigi, maka distributor yang punya jaringan toko paling banyak yang paling untung. Gaji president juga paling besar diantara aparat negara, karena dia punya member paling banyak juga. Microsoft nomor satu karena jaringan faktor kali dibawahnya sangat luas.
Kalau kita beli pasta gigi di warung, ya dapat pasta gigi. Jika ingin bonus (selisih harga) maka buatlah warungnya. Cara mengajak orang beli (member) adalah dengan membuka tokonya. Dalam MLM barangnya ada di perusahaan, cara membuka toko Anda adalah dengan menceritakannya (prospecting).
MLM yang benar, sesungguhnya adalah cara yang paling dahsyat untuk membangun kekayaan dengan modal uang sedikit. Tetapi karena modal uangnya sedikit maka diperlukan modal yang lain yaitu kemampuan membangun jaringan pemakai produk di group Anda, modal semangat, modal mindset, modal tenaga, modal waktu, modal kegigihan. Siapa yang tidak punya modal ini maka dipastikan GAGAL.

Orang yang merasa rugi join MLM karena dia salah join saja. hehe..(tertawa bodoh)"

Program bisnis yang betul-betul menguntungkan semua pihak.. Tidak ada satu pihak pun yang dirugikan dalam bisnis ini.. Nyata, logis, dan masuk akal..Sistem yang sederhana, mudah dipahami dan telah teruji.. Harap dipahami dengan baik sistem/cara kerja bisnis ini secara keseluruhan terlebih dahulu sebelum memberikan penilaian/komentar/judgement terhadap bisnis ini."


Lihat baik-baik modusnya, namun jika ditanya apakah ada sisi bagusnya jika kita kita gabung kedalam MLM?

mungkin...
1. Kita akan lebih cerdas mengelola uang
2. Kita akan pintar memotivasi baik diri sendiri atau orang lain
3. Kita terbiasa membangun sifat positif


jazakumulloh

25 komentar:

Anonim mengatakan...

ok dukung artikel kamu, mustinya perlu ditambah hipotesis lagi tuh... spt apa yang terjadi salah satu downline kita (misal) Line ke 10 - 15 berhenti bekerja, apa kita masih bisa ongkang-ongkang ?
(Frenky yg pengalaman bantu sodara di bisnis Gold Quest hingga jadi the big six di indonesia)

Anonim mengatakan...

hehe..masih ada kok oriflame...mau foot care mau blush on...mau lipstick..hehehe...

lumayan awet dan begitu norak kalo dipake malem jeung....

(**ngacir ke dixie beli makanan tanpa bahan pengawet....*****)

Anonim mengatakan...

do ngopo... kalau nggak bisa sugih dari mlm nggak usah cerewet.. namanya usaha, sing penting jalurnya halal. MLM yo ada sing marake sugih buktinya saya..he..he... jaman saiki arep nyambut gawe opo... modal 200 ewu... do ngambleh kabeh. Kalau bisa kaya dari usaha riil yo syukur ... rasah ngompori sing bisnis lewat mlm, kalau bisa jalani why not ???

Aris Sunaryo mengatakan...

Salam Kenal. Judul blognya bagus " Amal Jariyah Kita". Kembali ke soal MLM, seperti pekerjaan lainnya juga ada positif dan negatifnya. Tapi kalau dilakukan dengan niat baik, cara yang baik , Insya Allah hasilnya baik. Syukur-syukur jadi Amal Jariyah juga.

rifkinnanda@yahoo.co.id mengatakan...

pasti dulunya kamu gak pernah belajar di sekolah hingga tak pernah ranking satu ka yak gue. mlm is the best tapi harus yang resmi dan aggota wdfsa ( cari tuh di google). lu tau kan kalo ranking sekolah satu kelas cuma 1 dari 30 murid berapa persen itu ? hah dengan kenyataan itu kok lu tetep sekolah, tau gak ranking satu dapet kepastian lanjutin sekolah ke jenjang lebih tinngi dan gak SETIAP ORANG bisa KARENA SAAT SI JUARA KELAS BELAJAR HINGGA TENGAH MALAM lu tidur or onani jadi semua bidang apapun butuh cara kerja yang beda agaar berhasil maksudnya beda daari orang kebanyakan mau hasil super KERJA LEBIH KERAS LEBIH RAJIN BANGUN LEBIH PAGI SUNATULLAH MLM kasih jalan dan peluang sama seperti peluang dimanampun dan disana kamu bisa ketemu ibu ayah dan anak sukses di mlm ...benar ada ayah ibu yang nyuruh anaknya ke mlm. Gue punya penghasiklan ok dari mlm pendidkian s1 kimia dan yes gue mau anak gue jadi pelAKU BISNIS MLM DARI PADA ELU ORANG GAGAL NYALAHIN KEADAAN. TAU NGGAK BERAPA ORANG YANG DO DARI ITB DI TAON PERTAMA BANYAK !!! (tapi bukan gue) trus tuh orang do bilang wah ITB jelek buktinya gue DO, padahal emang dia sendiri yang begok kan buktinya yang lain pada lulus. kesimpulannya lu dulu pernah ikut mlm tapi gagal sadarlah lu yang begok.lu mau sukses di mlm sini gue ajarin...

Abdi Dalem Oceh-Ocehan mengatakan...

buat yang lain, pelajari koment diatas saya...bagaimana MLM bisa membuat orang tidak memiliki etika karena terlalu banyak mengajari mimpi
yang pasti tidak ada bukti di dunia ini50 besar orang terkaya di dunia karena MLM...kalau yang punya MLM (the owner) yo mungkin...
dan di kampung manapun juga belum ketemu ...orang kaya karena MLM
---kalau yang miskin karena MLM...buaanyaaaaak---

Eddy Azzy mengatakan...

mas kalo jadi Owner atau Konsultan MLM gmana ?

kebetulan baru seminggu baru buka usaha Konsultan dan Solusi MLM..

salam
Eddy
http://solusimlm.com

Anonim mengatakan...

coba ketemu gue luh gue dokter yg mlm lu miskin dan gak sekolah makanya jangan onani melulu kalo dulu disuruh sekolah ya nah jadi gembel beneran kan lu sekarang he he he foto motor parkir bukan punya lu kan itu

Anonim mengatakan...

ah lu emang dasar taik pake bawa jazzakumulloh jelas bukan orang islam lu ..taik lu kalo lu mau hidup enak makan tuh taik sendiri gratis tauk

Abdi Dalem Oceh-Ocehan mengatakan...

manteb..ngakunya dokter tapi dari cara ngomong jelas tidak berpendidikan.. panteslah makannya cuma dari ngemis downline yang ketipu
dan maksih sudah dikafirkan sama orang gak penting, kalau memang paham agama ente pasti tahu! mengkafirkan saudara seiman itu parah hukumnya..dan maaf...ane salah lagi ..pendidikan elu kan ngaku-aku..jadi MANA paham hadits..wkwkkw. Koment kok gak jelas udah gitu gak berani ngeluarin ID...cuih, maluuu tuh ngaku-aku....!!!

Didik mengatakan...

Ya kalo ga bisa kaya di mlm bisa jadi rezekinya bukan disitu.. gitu aja kok repot pak bos. Hidup ini selalu ada 2 sisi. Ada petani kaya ada juga petani miskin, ada PNS kaya ada PNS miskin walau gajine sami mawon, ada trader forex yang bisa kaya ada juga yang margincall terus, hidup mah pilihan pak bos. Syukuri hidup ini maka kamu adalah orang kaya sejati. Tetap bermetamorfosis bos bisa jadi hipotesisnya berubah..

Anonim mengatakan...

ini orang yang comentt ini ga punya etika ya..

rifkinnanda@yahoo.co.id mengatakan...

pasti dulunya kamu gak pernah belajar di sekolah hingga tak pernah ranking satu ka yak gue. mlm is the best tapi harus yang resmi dan aggota wdfsa ( cari tuh di google). lu tau kan kalo ranking sekolah satu kelas cuma 1 dari 30 murid berapa persen itu ? hah dengan kenyataan itu kok lu tetep sekolah, tau gak ranking satu dapet kepastian lanjutin sekolah ke jenjang lebih tinngi dan gak SETIAP ORANG bisa KARENA SAAT SI JUARA KELAS BELAJAR HINGGA TENGAH MALAM lu tidur or onani jadi semua bidang apapun butuh cara kerja yang beda agaar berhasil maksudnya beda daari orang kebanyakan mau hasil super KERJA LEBIH KERAS LEBIH RAJIN BANGUN LEBIH PAGI SUNATULLAH MLM kasih jalan dan peluang sama seperti peluang dimanampun dan disana kamu bisa ketemu ibu ayah dan anak sukses di mlm ...benar ada ayah ibu yang nyuruh anaknya ke mlm. Gue punya penghasiklan ok dari mlm pendidkian s1 kimia dan yes gue mau anak gue jadi pelAKU BISNIS MLM DARI PADA ELU ORANG GAGAL NYALAHIN KEADAAN. TAU NGGAK BERAPA ORANG YANG DO DARI ITB DI TAON PERTAMA BANYAK !!! (tapi bukan gue) trus tuh orang do bilang wah ITB jelek buktinya gue DO, padahal emang dia sendiri yang begok kan buktinya yang lain pada lulus. kesimpulannya lu dulu pernah ikut mlm tapi gagal sadarlah lu yang begok.lu mau sukses di mlm sini gue ajarin...
16 Maret 2011 09.39


ngakunya s1. waktu semester 1 Mata kuliah dasar umum nyogok pake product MLM ya.. makanya jadi kayk gini .. ngakak,, kakak . kalian bisa nilai sendiri lah ,, .

Anonim mengatakan...

mental kayak gini nih yang bikin orang ngga sukses. pernah gagal ikut mlm ya bos? sini aku ajariin... makanya belajar yang bener. blom pinter uda nulis blog, mana isinya ngga nyambung pulaa... hadeeehhhhh.....

Irfan mengatakan...

Gini aja, saya menawarkan bisnis MLM dengan bonus tertinggi didunia 64%
Produk Kesehatan yang masih baru di indonesia. buka aja :
http://rahadiirfan.blog.com
http://4lifesolusisehat.com

Unknown mengatakan...

mlm bagi sebagian org mungkin sesuatu yg hina tapi jgn lihat dri satu sisi brow bagi sebagian org yg tulus bantu downlinenya apa lagi sudah menjadikan bisnis ini mata pencaharian dan membantu org lain ingat prinsip dasar kerja mlm adalah mensejahtrakan org lain otomatis lah kita sejahtra juga >orang kaya dan oang sukses beda .orang kaya hanya dia seorang menikmati kekayaannya dan hnya bisa berbagi kesegelintir org .tapi org sukses adalah org yg mampu mensejahtrakan orag banyak

Olivia Hutapea hutagaol mengatakan...

hollaa
sya msh brthan di Amway
ada yg mau ikut prtemuan2 sya dgn komunitas ank2 muda nya?

Anonim mengatakan...

Gw tdi siang udah hadir di kantor mlm kec, bandongan , magelang jawa tengah. Tdinya gw pikir sih tertarik tpi kok komunitas jutawan gan cukup dengan air mineral dan fasilitas seadanya trus gw ngobrol" ma anak dalem eh rokok aja minta gw , jutawan payah dah ,

Anonim mengatakan...

Wkakakaka itu mah lu aja lg sue. Jgn nyalahin org tong kalo gagal di mlm. Smua bisnis jg ada resikonya. Kalo emg gagal di mlm berarti bakat ente bkn di mlm, ente jd tukang kebon aja pasti sukses.

Anonim mengatakan...

Selamat Siang,
saya sudah membaca blog anda, sangat mudah di pahami dan saya sangat tertarik untuk bekerja sama dengan anda, kami dari Forexmart menawarkan kerja sama affiliasi yang sangat menguntungkan untuk anda, jika anda berminat dan tertarik dengan penawaran ini bisa menghubungi email saya di www.forexmart.com dan saya akan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai penawaran kerjasama ini.
Terima Kasih dan salam sukses untuk anda

Unknown mengatakan...

Dan anda menunjjukkan bahwa pelaku MLM gak pnya etika dalam berbicara,

Unknown mengatakan...

Karena MLM haram

Unknown mengatakan...

Karena MLM haram

Don mengatakan...

Ini bkn mlm.sapa tau minat.http://www.bebasbayar.com/play-store/?b=30fa6c59

nanang mengatakan...

Saya bukan pelaku MLM.. tapi Hipotesisnya kok Begitu ya.. banyak kesalahan.. Amway di Sebelah kantor saya masih Buka.. dan banyak kok Orangnya

Unknown mengatakan...

Eco racing mlm non riba