Senin, 14 Juli 2008

FILM INDONESIA

"pokoknya loe ikut cara gue... dalam berapa bulan kedepan gue tanggung loe bisa ngalahin itu cewek hiperseks.." (dialog alex "juno" abbad paling keinget dalam "XL Movie")


sepertinya bener kata mas dedy "nagabonar" mizwar... film kita bakal hancur seperti era tahun 90'an
dan ini semua (lagi-lagi) gara-gara
India Brother Kampret......

awal tahun 2002'an aku sempat terkagum-kagum dengan antrian dan crowded'nya bioskop mataram di deket jembatan layang lempuyangan.

"ckckck..emang ada apa sih? apa ada bagi-bagi sembako ya?

....trus sorenya, adik teman di kantor (yang masih smp) heboh banget
"mas,mbak dah liat ada apa dengan cinta blom?
"lah memang ada apa mbak..(sahutku dengan lugu..dan memang aku ndak dong maksud si mbak itu)"
"wah mas vic' ini piye to,..itu lho pileme dian sastro, wois pokoke keren mas..apik"

....hmm dalam hati kepikiran "dian sastro", nama yang jawa banget..ini pasti wong ndeso trus kerja jadi pembokat yang majikannya produser india, dan berhubung bayaran seorang pembokat murah meriah, diangkatlah dia jadi pemain pilem..tapi kenapa juga bisa bikin heboh?!?ah mungkin namanya..ada sastronya!ya'emang sebaiknya diganti dian kebeltski apa dian tarakami

"emang dian sastronya adegan apa dek, kok heboh banget...eh kamu kan masih smp!harusnya blom boleh liat tuh pelem 17 taon yang boleh juga pelem 17 agustusan aja...kaya' G30SPKI wae..."
"susah ngomong ama orang uzur...itu pelem remaja mas, gih liat dulu..tapi yang sabar yo..ngantrinya panjang!"
"ya olloh, mending juga tidur, paling juga bulan depan tuh pelem dah ditayangin di TVRI!"

sebenarnya keenganan nonton pelem ini karena trauma psikologis (walah bahasane) saat SMA
Sedikit Flashback ya...(eng..ing..eek...)

saat sma seperti halnya guru di sekolah kalian, ini pak guru bahasa indonesia juga ngasih kerjaan resensi. alasannya biar waktu bulan puasa ini kita harus punya kegiatan positif selain tidur sama ngerepe-ngrepe petugas yang bawa makanan jaburan tiap habis sholat tarawih.

hasil diskusi bersama kelompok kerenku (hwalah..padahal kumpulan kaum terbuang dan tersisihkan dari segala kumpulan gadis di sekolah,.. ampe kita dah berniat pacaran ma anak sd sebelah wae,... siapa tau didepan mereka kita masih keliatan keren-ternyata mereka juga menganggap kita najis-hiks)

kita ndak akan resensi buku, terlalu biasa (padahal alasan sebenarnya...males mbaca, wong mbaca judulnya aja dah pada merasa rabun ayam apalagi mbaca isin'e)
kita juga ndak resensi majalah (majalah kita masih bobo...so sangat memalukan jika semua temen sekolah tahu kebiasaan yang ada)
dan sepertinya ndak mungkin resensi buku stensilan....(sempet dicoba sih tapi kami merasa sedikit kesulitan dalam menyimpulkan apa arti "....aah" dalam buku tersebut)
finally kita resensi film indonesia, sepertinya gampang dan menghibur
setelah dapet film, yang bintangnya (saat akhir diskusi emang dah ditentukan harus ini) jeng inneke koesherawati dengan judul pilemnya yang ndak penting banget (saking ndak pentingnya kita semua sempet lupa judulnya berendam dan berkumur ato berendam dalam lumpur...yaa) kita menentukan kapan harus nonton.
hasilnya habis buka puasa kita semua kumpul dirumah doddy, mplek tumplek semua desek-desekan dikamar sambil ngebawa kertas ma bolpen bergaya juri indonesia idol banget.
pilem diputar...dan menakjubkan kita semua menyimak dengan hening dan serius (sampai sekarang masih terasa aura takjubku,..yaa mengingat kelakuan kami di kelas sampeyan semua pasti juga heran)

sampai akhirnya pilem berakhir

kita masih hening...sampai hening ini terkoyak dengan celetukanku!

dab..! apa yang mau kita tulis?

kita semua langsung ketawa.....gila emang pilem indonesia, ndak jelas banget dari alur ampe dialog..yang jelas bening cuma mbak inneke dengan bajunya yang secarik

tapi 3 hari kemudia, aku yang terpilih maju mempresentasikan kedepan tetep dengan tegar membacakan hasil kerja kimi dengan keras mengelegar....

'hasil resensi pilem kelompok ..... dengan bintang inneke, reynaldi!!!"
pilem ini dimulai dari suatu kasus...balablablubblub....dan diakhiri adegan yang..blebblebblipblip....
hening
disampingku pak guru bersimpuh dengan mulut berbusa
sedangkan semua temen cowok berdiri sambil duduk
dan temen-temen cewek kejang kejang sambil berdesis...

ok..ok...thats hiperbola, tapi emang hening suasana saat itu, anak cowok yang biasanya ribut sendiri dibelakang maen jungkat jungkitpun nyimak habis presentasiku
dan yang paling ndak dinyana adalah komentar pak guru bahasa indonesia...

"wah!resensi yang mengejutkan..saya pikir semua dikelas ini akan meresensi buku ternyata ada yang kreatif...!"
"tapi.... puasa kalian ndak batal kan?wahahahahohoho...."

aah, syukurlah beliau bisa paham kelakuan kami yang brutal

tapi after that task...aku jadi trauma habis

itu India Brother Kampret emang ancur banget moral ama kreatifnya..., sepertinya motif bikin pelem cuma mau ngliatin paha inneke sama ngrusak puasa kita (...hiks)
dan jaman taon '90 emang ancur perpeleman bangsa kita, mendingan sholat tahajud daripada nonton film indonesia
(maak..baca ini maak, alim'kan daku)

baru awal taon 2000 agak ketolong oleh AADC, Jalangkung, ultramen taro, asia carerra, etc...

apalagi film dibawah ini...hayah



Ok, judulnya warkop banget,.. tapi seinget ku tiap kali habis lebarankan dimana selalu ada film warkop terbaru, posternya tidak pernah sampai ada gambar kondom & beha, seperti diatas.



nah sekarang sepertinya tangan India Brother Kampret itu mulai gatel untuk ngrusak ....
setelah merajai sinetron mengelikan dimana kadang ada penjual koran bening mulus rambut bertoning, trus cowok ganteng yang super duper ajrot beruntungnya dah moral rusak, cewek cantik, badan cungkring tapi menang kelahi biarpun premannya sekodam keluar smua....

dan semuanya itu makin ter'blow saat FFI tahun 2006, dimana ada pelem plagiat busuk menang...


aah, susah bangsa ini disuruh belajar
atas nama apapun aku yakin bangsa ini lebih demen dan respek dengan pelem macam nagabonar, si doel anak betawi, losmen atau apapun itu yang mengangkat tema sederhana yang ada disekitar kita,..


dan emang lebih adem kok liat batak pencopet, sarjana nganggur.. kemudian mereka bangkit dari keterpurukan sehingga kita yang melihat jadi ikut termotivasi...toh dunia seperti itu ndak jauh dari kita-kita juga (aniwei daku juga masih suka mencopet gorengan tempe di meja makan, kalau pas pulang ngantor dan lebih sering ngganggur menikmati indahnya keiklasan membuang isi raga serta membayangkan yang indah-indah di wc)

biarin deh mulut artis indonesia yang udah ketipu India Brother Kampret meracau "ini kebebasan berekspresi, ini tuntutan naskah, ...."
toh akhirnya ntar juga kalau dah ancur abis, kita akan dengan happy ngliat pelem melalui DVD seperti masa itu.....
lagian ndak bosan kalian-kalian, liat pelem kok cuma di 21, dah satpamnya galak
(go to hell kalian yang telah merampas gembus gorengku buat nontonku kemarin-hiks!) jajanannya cuma popcorn larang..!!!





bagi yang penasaran ini hasil resensi kami

GAIRAH YANG NAKAL

ini adalah kisah wanita cantik yang dizalimi pria binal! Lisa (Kiki Fatmala) yang karirnya menanjak cepat, hingga menjadi sekretaris direktur Budi Warsito (Reynaldi) suami dari Sisca (Inneke Koesherawati), dan ayah angkat Roy (Teguh Yulianto).

Tak puas dengan karir, Lisa sering mijitin Budi. Bersama Leo (James Sahertian), Lisa mengatur perampokan dan pembunuhan terhadap sopir keluarga Budi. Leo lalu menggantikan kedudukannya. Sisca tiba-tiba ikut mati. Ketika Roy pulang dari belajar di Amerika, Lisa baru tahu bahwa harta Budi dan Sisca telah diwasiatkan seluruhnya buat Roy. Lisa lalu mijitin Roy untuk pendekatan dan berhasil. Budi cemburu dan mati waktu berkelahi dengan Roy. Ketika polisi menangkap Roy, tiba-tiba seorang pembantu mengadu bahwa dalang dari semua kematian itu adalah Leo.

hasil resensi ini mungkin kurang memuaskan karena sebagian besar adegan sulit di interprestasikan, begitu abstraknya kami berempat harus tersiksa karena berdiri dalam duduk. sekian.





Tidak ada komentar: